Dalam kegiatan penutup, guru bersama siswa baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi:
- seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telahber langsung;
- memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
- melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok; dan
- menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Indikator pencapaian kompetensi
Indikator pencapaian kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
Baca juga : Pengertian Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), dan Indikator
Tujuan pembelajaran
Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar. Maksud dari hasil belajar diikuti cara (proses) untuk mencapai hasil belajar yang dimaksud.
- Siswa dapat menjelaskan tujuan mempelajari aqidah Islam, melalui ceramah, diskusi dan karya kunjung
- Melalui ceramah, diskusi dan karya kunjung, siswa dapat menjelaskan tujuan mempelajari aqidah Islam
- Diberikan kesempatan diskusi dan karya kunjung, dan menyimak ceramah guru, siswa dapat menjelaskan tujuan mempelajari aqidah Islam
- Siswa dapat menentukan tugas-tugas malikat melalui ceramah dan bernyanyi bersama.
- Siswa dapat membedakan jenis hewan dari segi makanannya melalaui mengamatan dan diskusi kelompok.
Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermafaat tentang Pengertian, Komponen dan Prinsip Penyusunan RPP