Perangkat Pembelajaran – Berdasarkan Permendikbud No. 22 Tahun 2016 yang membahas tentang penyusunan perangkat pembelajaran dalam bentuk Rencana. Sebelum melakukan dan melaksanakan mengajar para guru harus membuat dan memiliki perangkat pembelajaran. Apa sajakah macam-macam perangkat pembelajaran itu? Apa pentingnya perangkat pembelajaran? Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan silabus yang berdasarkan standar isi. Dengan adanya perangkat ini menjadikan guru semakin bertambah profesional, guru akan terbantu dengan hal-hal yang terprogram. Macam-macam perangkat pembelajaran dibuat dengan lengkap agar bisa dijadikan referensi dalam merancang, melaksanakan, hingga mengevaluasi suatu pembelajaran yang matang.
Dalam merancang suatu pembelajaran para guru sebagai pendidik harus memahami karakter murid sebagai peserta didik. Dengan mengetahui karakteristik peserta didik, maka para guru dapat merancang rencana pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan karakter peserta didiknya. Macam-macam perangkat pembelajaran yang dapat digunakan oleh para tenaga pendidik untuk menjadi pegangan untuk mengajar dikelas, diluar kelas maupun di laboratorium antara lain sebagai berikut.
Daftar Isi
Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013
Kalender Pendidikan sebagai acuan alokasi waktu satu tahun pembelajaran
Kalender pendidikan wajib dimiliki guru setiap awal tahun pembelajaran (umumnya disebut tahun ajaran baru). Tahun pembelajaran pada satuan pendidikan yang meliputi hari-hari efektif pembelajaran serta waktu libur pendidikan dan maupun libur nasional. Dalam kalender pendidikan memuat tanggal penilaian tengah semester, penilaian akhir semester hingga penilaian akhir sekolah maupun Ujian Nasional, kalender ini dijadikan dasar untuk merancang pembelajaran mulai dari program tahunan, program semester, silabus hingga RPP.
Program tahunan sebagai langkah awal menyusun Pembelajaran dalam Satu Tahun
Macam-macam perangkat pembelajaran berikutnya yakni program tahunan. Program tahunan ini berisi alokasi waktu yang digunakan pada setiap mata pelajaran atau tema yang dijabarkan secara terperinci nantinya dalam program-program yang lain seperti program semester, silabus hingga rencana pelaksanaan pembelajaran harian.
Program tahunan ini dibuat agar guru mengetahui apa saja cakupan bab dalam mata pelajaran/ cakupan sub-sub tema dalam suatu tema yang harus dipelajari selama satu tahun pelajaran. Dengan guru mengetahui rincian dalam program tahunan ini, diharapkan pembelajaran yang diterapkan dapat mencapai hasil yang maksimal setiap tahunnya.
Program semester penjabaran dari program tahunan
Seperti diketahui bahwa program semester merupakan penjabaran dari program tahunan, program semester ini dijabarkan menjadi program bulanan serta program harian. Pada program semester ini para guru membuat apa saja yang akan di ajarakan kepada para anak didik setiap hari serta dievaluasi setiap selesai satu materi yang telah dibahas.
Silabus merupakan bagian dari macam-macam perangkat pembelajaran
Silabus merupakan suatu rincian detail tentang rencana mengajar guru yang disusun dalam kelompok tema atau mata pelajaran tertentu, Komponen dari silabus antara lain Kompetensi Inti/Standar Kompetensi (KI/SK), Kompetensi Dasar (KD), Indikator/Indikator Pencapaian Kompetensi, Materi Pembelajaran, Alokasi waktu, Penilaian, dan Sumber Belajar yang digunakan. . Manfaat yang dihasilkan dalam pembuatan suatu silabus yaitu :
- Bermanfaat sebagai hal yang utama yang menjadi sumber acuan dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
- Guru lebih mudah memetakan ragam variasi pembelajaran yang akan dituangkan ke dalam RPP.
- Guru lebih mudah dalam memetakan indicator-indikator pencapaian belajar yang harus dicapai oleh siswa.
- Guru lebih mudah dalam merancang bentuk-bentuk penilaian dari setiap indicator yang ingin dicapai.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk merencanakan suatu pembelajaran yang terstruktur
RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah hal wajib yang harus dipegang guru sebelum melaksanakan pembelajaran. RPP merupakan perangkat yang berisi prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu atau beberapa kompetensi dasar. Lingkup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran mencakup satu atau beberapa kompetensi dasar yang terdiri dari satu atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sekurang-kurangnya memuat tujuan pembelajaran, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator Pencapaian Kompetensi, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar,langkah-langkah pembelajaran dan penilaian hasil belajar.
Lembar Kerja Siswa memotivasi siswa lebih kreatif
Lembar Kerja Siswa diberikan para guru kepada siswanya agar guru dapat melihat apakah materi yang diajarkan sudah dapat diserap dan diterima baik oleh siswa. LKS dapat berupa buku atau kertas lembaran yang dikerjakan siswa.
Instrumen penilaian sikap
Instrumen penilaian sikap adalah berupa buku rekap penilaian sikap siswa selama pembelajaran berlangsung. Buku ini hampir mirip dengan buku jurnal harian guru, hanya saja isiannya adalah tentang sikap-sikap yang menonjol yang ditunjukkan para siswa di hari itu. Apakah semua siswa harus tertulis setiap harinya? Tidak. Cukup yang menonjol sikapnya di hari itu saja, baik itu sikap yang baik maupun yang kurang baik. Nantinya instrumen penilaian sikap ini digunakan guru sebagai acuan dalam memberi nilai sikap setiap anak di laporan hasil belajar siswa (rapor) pada kurikulum 2013.
Buku materi ajar acuan untuk siswa dan guru
Buku ini merupakan penunjang para peserta didik untuk mempelajari hal-hal yang telah diberikan para guru disusun dengan cermat agar mudah dipahami, dalam buku ini dibuat berdasrkan tingkat pendidikan juaga kelas serta mata pelajaran.
Buku absensi untuk melihat persentase kehadiran
Buku ini berisi daftar hadir peserta didik dan diisi setiap hari akan drekapitulasi perminggu berapa pesenkah kehadiran pada masing-masing para peserta didik maupun berapa persenkah kehadiran dari keseluruhan para peserta didik.
Buku jurnal mengajar evaluasi para pendidik
Buku Jurnal mengajar sangat diperlukan bagi para pengajar untuk menjadi panduan mengajar dimana para guru dapat mengevaluasi dirinya apakah materi yang diberikan mudah dipahami dan apakah tercapai atau apa yang menjadi kekurangan, apakah pada pertemuan berikut materi hari ini bisa diberikan lagi.
Bundel portofolio sebagai bahan evaluasi
Portofolio merupakan kumpulan dari berbagai tugas yang diberikan guru kepada para siswanya, hasil dari tugas ini dievaluasi dan hasilnya dibicarakan kepada orangtua sebagai bahan evaluasi siswa. Portofolio dapat dilihat secara fisik, yang dinilai secara objective serta untuk bahan evaluasi yang positif.
Bank soal untuk mengukur kemampuan siswa
Bank soal merupakan dari beberapa soal dari berbagai sumber entah itu dari tes-tes sebelumnya atau dari buku-buku yang berisikan soal-soal pilihan, bank soal berisikan soal-soal bermutu yang dikumpulkan menjadi ajuan bagi peserta test. Bank soal bisa hanya terdiri dari satu mata pelajaran atau kumpulan dari berbagai mata pelajran.
Media pembelajaran untuk mendukung model dan metode pembelajaran yang tepat
Media pembelajaran adalah alat bantu yang bisa merangsang pikiran dan perasaan siswa sehingga lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran yang disampaikan. Hal ini akan mendorong tercapainya hasil belajar yang maksimal dengan dukungan penggunaan model dan metode pembelajaran yang tepat. Media pembelajaran banyak sekali contohnya, guru dapat mengembangkannya sekreatif mungkin. Guru bisa memanfaatkan media pembelajaran interaktif yang banyak macamnya, dan juga bisa memanfaatkan media berdasarkan mata pelajarannya, seperti media pembelajaran matematika, media pembelajaran ipa, dll.
Daftar laporan penilaian kelas
Dalam suatu kegiatan belajar mengajar dibutuhkan suatu laporan hasil yang dicapai oleh para siswa dan hasilnya dalam bentuk daftar laporan penilaian. Laporan penilaian digunakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran yang telah diberikan. Daftar laporan ini berisi data siswa serta nilai-nilai yang dicapai apakah sudah memenuhi kriteria Kelulusan Minimal (KKM). Jika dalam penilaian harian ada siswa yang nilainya masih di bawah KKM, maka bisa diadakan kegiatan remidial.
Demikian tadi kupas tuntas tentang bahan penyusunan dan macam-macam perangkat pembelajaran yang bisa kita gunakan untuk mengimplementasikan pembelajaran baik itu kurikulum KTSP maupun Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat Cara Menyusun dan Jenis Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013