9 Cara Mengatasi Gagal Registrasi Akun Emis Kepala Madrasah

Cara Mengatasi Gagal Registrasi Akun Kepala Madrasah – Emis Madrasah telah resmi dibuka kembali. Tandanya semua madrasah harus melalukan updating database pada Aplikasi EMIS-nya masing masing. Ditahun ini ada yang berbeda dengan Aplikasi Emis. Karena Emis pusat telah memperkenalkan Aplikasi Emis Terbaru versi 4.0. Dari aplikasi emis madrasah yang terbaru ini, kita diwajibkan untuk membuat akun Kepala Lembaga atau Kepala Madrasah.

Operator madrasah wajib mendaftarkan atau meregistrasikan akun Kepala Madrasah-nya di Aplikasi Emis 4.0 ini. Hal ini tertuang dalam surat edaran Dirjen Pendis Nomor B-602/DJ.I/OT.01.3/03/2021 tertanggal 1 Maret 2021 yang kemudian dipertegas kembali dengan surat bernomor B-636/DJ.I/OT.01.3/03/2021 tertanggal 4 Maret 2021.

Namun dalam pelaksanaannya ternyata tidak sedikit madrasah yang mengalami kendala dan kegagalan saat melakukan registrasi dan aktivasi akun emis kepala madrasah tersebut

9 Cara Mengatasi Gagal Registrasi Akun Emis Kepala Madrasah

cara mengatasi gagal registrasi akun emis, gagal registrasi akun emis kepala madrasah, akun emis kamad, tidak bisa login akun emis

Berikut ini adalah beberapa kasus yang banyak di alami oleh operator madrasah tentang gagal daftarkan akun kepala madrasah di emis dan cara mengatasi gagal registrasi akun emis kepala Madrasah yang kami kumpulkan dari beberapa sumber.

6. Tidak Mendapat Email Verifikasi

Salah satu permasalahan yang paling sering terjadi dalam melakukan registrasi akun emis kepala madrasah adalah tidak mendapatkan email verifikasi meski telah berhasil melakukan registrasi akun emis kepala madrasah. Padahal dalam email verifikasi akan terdapat link yang harus diklik untuk mengaktifkan akun Kepala Madrasah.

Operator telah mengisi email, password, konfirmasi password, lalu mengklik tombol “Selengkapnya”. Setelahnya muncul notifikasi “Data login Anda berhasil diperbaharui. Selanjutnya kami akan menghirimkan link verifikasi email. Segera cek email anda di folder inbox / spam untuk melakukan verifikasi”

Namun ketika diceka di email (baik di folder inbox maupun spam) tidak ditemukan email tersebut. Email verifikasi akun emis kepala madrasah ini biasanya dikirimkan beberapa saat langsung di email yang didaftarkan.

Bagaimana cara mengatasi gagal registrasi akun emis kepala madrasah?

Beberapa cara mengatasi gagal resgitrasi akun emis kepala madrasah antara lain :

  • Cek di kotak Spam email. Sebagian besar operator melaporkan bahwa email berisikan link konfirmasi tersebut masuk tidak masuk ke kotak inbox melainkan justru ke kotak spam.
  • Biasanya email terkirim seketika (dalam hitungan detik) namun dalam beberapa
  • kasus, email memerlukan waktu hingga beberapa jam.
  • Buka di browser komputer atau laptop dengan menggunakan “Versi HTML Biasa”

cara mengatasi gagal registrasi akun emis kamad, gagal daftara akun emis kepala madrasah, cara menggunakan email versi html

  • Jika tidak mendapatkan email verifikasi, gunakan fitur “Resend Email”
  • Jika tidak mendapatkan juga coba lakukan registrasi ulang dengan email yang sama setelah beberapa jam.
  • Jika masih tidak berhasil mendapatkan kiriman email verifikasi, ulangi registrasi dengan menggunakan email yang lain.
Baca Juga  3 Cara Membuat ARD Online Dengan Hosting Gratis

Kode Registrasi Tidak Muncul di Dashboard

Kode registrasi akun emis kepala madrasah ini terdiri atas 10 digit kombinasi huruf dan angka. Kode registrasi akun emis kepala madrasah dapat ditemukan di dashboard emis dengan login menggunakan akun operator (staf lembaga), atau login dengan akun emis seperti biasanya, tetapi di laman Emis Baru (https://emis.kemenag.go.id/)

Bagaimana cara mengatasi kode registrasi akun emis tidak muncul?

Pada beberapa kasus, terdapat madrasah yang tidak mendapatkan kode ini.

Solusinya adalah silakan mengisi form bantuan Helpdesk Emis 4.0 di alamat: https://bit.ly/HelpdeskEMIS

Setelahnya isi form yang tersedia meliputi:

  • Nama Panjang : Nama orang yang melaporkan
  • Lembaga : Pilih Madrasah, Kemenag Kab/Kota, Kemenag Provinsi, ataupun Kemenag Pusat sesuai kedudukan masing-masing
  • Nama Lembaga/ Instansi
  • Provinsi
  • Email : isikan dengan email yang digunakan untuk login emis pada akun yang bermasalah tadi
  • NSM : isikan dengan NSM madrasah yang emis-nya yang bermasalah
  • No HP : usahakan menggunakan nomor HP yang terhubung dengan Whatsapp
Silahkan pilih permasalahannya :
  1. Gagal login (untuk yang terkendala tidak bisa login ke akun operator emis)
  2. Gagal Registrasi / Login Kepala Lembaga (untuk yang tidak bisa registrasi atau sudah berhasil registrasi tapi kemudian tidak bisa login ulang)
  3. Data Lembaga Tidak Muncul (bagi yang data kelembagaan tidak muncul. Hanya data yang terkait profil dan lahan madrasah)
  4. Kode Registrasi Tidak Muncul (jika kode registrasi untuk aktivasi akun Kepala tidak muncul di dasboard emis)
  5. Kesalahan Data (untuk kesalahan data yang memang terkunci oleh sistem)
Dibagian keterangan :
  • Keterangan Permasalahan : isikan deskripsi permasalahan yang dihapai secara singkat dan jelas
  • Lampiran gambar bukti permasalahan : bisa dengan mengunggah screenshoot (tangkapan layar) dari permasalahn yang dihadapi.
  • Kirim

Setelahnya tunggu balasan dari Tim Helpdesk Emis atau lakukan pemeriksaan secara berkala di dashboard emis, apakah Kode registrasi sudah muncul atau belum.

Cek Kembali NIK dan Password

Saat melakukan registrasi akun emis kepala madrasah, setelah memasukkan NIK dan Kode Registrasi lalu mengklik tombol login muncul kotak notifikasi “Login gagal. Silakan cek kembali NIK dan Password Anda”

cara mengatasi gagal login akun emis kepala madrasah, gagal registrasi akun emsi kamad, tidak bisa login emis kepala madrasah

Bagaimana cara mengatasi tidak bisa login akun  emis kepala madrasah?

Cara mengatasi tidak bisa login akun  emis kepala madrasah adalah:

  • Buka dashboar Emis Baru (https://emis.kemenag.go.id/) dengan akun operator, pastikan Kode Registrasi sudah benar
  • Buka Emis Lama (http://emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah/) cek pada menu Kelembagaan >> Profil lembaga >> Kepala Madrasah. Apakah Data Kepala Madrasah sudah terisi dan benar. Jika kosong atau salah hubungi admin kab/kota agar didaftarkan.
  • Buka Emis Lama pada menu GTK >> Klik Detail pada nama GTK yang menjabat sebagai Kamad hingga terbuka “Informasi pribadi” PTK tersebut. Cek apakah NIK (Nomor KTP) yang tertulis sudah benar. Jika terdapat perbedaan, gunakan NIK yang tertulis di Info Pribadi tersebut saja.

Sudah Verifikasi Tapi Tidak Bisa Login

Telah mendapatkan email verifikasi registrasi akun emis kepala madrasah dan sudah diklik tetapi ketika dicoba login akun emis kepala madrasah dengan menggunakan email dan password Kamad yang didaftarkan tadi, tetap tidak bisa login. Muncul keterangan “Login gagal. Silakan cek kembali email dan password anda.”

Apa penyebab gagal registrasi akun emis madrasah dan tidak bisa login?

Ada dua penyebab. Pertama, proses verifikasi belum berhasil.

Baca Juga  Contoh Software Pembuat Media Pembelajaran Interaktif

Saat mengklik link yang disertakan dalam email verifikasi browser sudah terbuka tetapi tidak menampilkan halaman emais dengan gambar sepasang siswa menangkupkan tangan dengan keterangan proses registrasi berhasil dan diminta untuk login. Justru yang muncul adalah langsung halaman login emis atau halaman registrasi kembali.

Jika mengalami seperti ini buka kembali email verifikasi, silakan coba:

  • Klik tombol “Verifikasi Email Sekarang” yang berwarna biru. Jika terbuka halaman bergambar sepasang siswa menangkupkan tangan berarti verifikasi berhasil.
  • Jika masih tidak, coba klik tulisan link panjang berwarna biru “https://emis.kemenag.go.id/verify?tokenxxxxxxxx”. Jika terbuka halaman bergambar sepasang siswa menangkupkan tangan berarti verifikasi berhasil.
  • Jika masih gagal, coba copy link lalu buka tab baru dan pastekan di url address browser dan klik enter
  • Jika masih gagal juga, sebelum langkah ke-3 di atas, bersihkan dulu cache browser
  • Atau copy link (seperti langkah ke-3), lalu buka browser lain (contoh, jika biasanya membuka emis dengan chrome silakan buka firefox atau edge) pastekan link tadi di url address browser.
    Email verifikasi registrasi emis

Penyebab kedua, email atau password yang dimasukkan salah. Cek kembali email dan password.

Maaf, data sudah diverifikasi

cara mengatasi tidak bisa masuk akun emis kepala madrasah, tidak bisa verifikasi akun emis kepala madrasah, gagal registrasi akun emis kepala

Kasus lain dari gagal registrasi akun emis kepala madarasah adalah saat memasukkan registrasi, setelah memasukkan NIK dan Kode Registrasi lalu mengklik tombol login, muncul keterangan, “Maaf, data sudah diverifikasi silahkan login menggunakan email & password yang sudah di daftarkan”

Ini artinya, sebelumnya telah dilakukan proses registrasi dan berhasil.

Silakan langsung login dengan menggunakan email dan password yang telah didaftarkan. Jika lupa email yang digunakan, sila hubungi admin Kab/Kota agar dicek dalam dashboard Kab/Kota email apa yang digunakan.

Terkait passwordnya, jika tidak ingat, bisa dengan mengklik tulisan “Lupa Password” di bawah login lalu ikuti langkah-langkah yang akan diuraikan di poin ke-9 artikel ini.

Email Sudah Pernah Digunakan

Dibagian awal melakukan registrasi akun emis kepala madrasah, tetapi ketika muncul halaman Konfirmasi Data Lembaga, dimana harus memasukkan email milik Kamad dan password yang dipilih, muncul kendala.

Kendalanya yaitu ketika mengetikkan email, muncul keterangan “Gagal memperbaharui data. Email sudah pernah digunakan”.

Ketika dipaksakan untuk lanjut, proses registrasi tidak berhasil.

Bagaimana cara mengatasi email sudah pernah digunakan?

  • Ingat-ingat kembali apakah email tersebut pernah didaftarkan dalam layanan Emis. Jika sudah pernah, sila ganti dengan email lainnya.
  • Cek di inbox dan spam email tersebut apakah sudah ada email “Emis Notification” atau belum. Jika ada sila lanjutkan proses registrasi dengan mengklik link verifikasi yang terdapat di dalamnya.
  • Jika sudah didaftarkan tetapi tidak mendapatkan kiriman email verifikasi, silakan baca kasus Kode registrasi akun emis kepala madrasah tidak muncul.
  • Untuk memastikan, dapat juga menghubungi admin Kab/Kota untuk mengecek status registrasi apakah email tersebut sudah digunakan atau tidak. Sayangnya belum ada menu reset akun di sana.
  • Jika masih terkendala, ganti saja dengan menggunakan email lainnya

Tombol “Selengkapnya” Tidak Aktif

Saat melakukan input email dan password ketika registrasi akun emis kepala madrasah, tombol “Selengkapnya” tidak mau berwarna biru (tidak aktif) dan tidak bisa diklik.

Hal ini terjadi karena ada kesalahan dalam pengisian email maupun password. Kesalahan ditandai dengan keterangan berwarna merah di bagian bawah kolom tersebut.

Baca Juga  Cara Mudah Menjalankan VDI ARD Versi 2.0 atau 2.1

Jika di bawah kolom email, tertulis “Email sudah pernah digunakan”, silakan baca kasus Email Sudah Pernah Digunakan dalam registrasi akun emis kepala madrasah

Jika di bawah kolom password atau konfirmasi password tertulis pesan merah betuliskan “Password: Weak” atau “Password: Fair” berarti password yang diisikan belum memenuhi syarat. Syarat password yang digunakan adalah:

Terdiri atas sedikitnya 8 karakter yang mengandung salah satunya (atau lebih) harus huruf besar, salah satunya (atau lebih) harus huruf kecil, Salah satunya (atau lebih) harus angka, Salah satunya (atau lebih) harus karakter simbol (!@#$&*-, dll)

Password yang benar dan memenuhi syarat akan ditandai dengan munculnya tulisan “Password: Strong” di bawah kolom isian.

Tidak Bisa Mengakses Email yang Didaftarkan

Kasus berikutnya dalam gagal registrasi akun emis kepala madrasah adalah email yang didaftarkan ternyata tidak bisa diakses. Bisa jadi karena salah penulisan atau karena lupa password email tersebut. Intinya email tidak dapat dibuka sehingga tidak dapat membuka kiriman verifikasi.

Agar tidak terjadi hal yang semacam itu, sebelum melakukan registrasi, pastikan terlebih dahulu bahwa email masih aktif dan dapat dibuka.

Jika sudah terlanjur melakukan registrasi dan baru mengetahui kalau email tidak aktif atau tidak bisa dibuka, silakan lakukan registrasi ulang dengan menggunakan email yang lain.

UPDATE 12 MARET 2021

Cara di atas ternyata sudah tidak bisa dilakukan. Jika terjadi kasus semacam ini solusinya adalah menghubungi admin Emis Pusat untuk meminta reset proses registrasi akun emis kepala madrasah.

Admin pusat bisa dihubungi melalui LiveAgen (WA, +6281147402020) atau via Admin Kab/Kota untuk diteruskan ke Kanwil dan Pusat.

Lupa Password

Kendala lainnya dari gagal registrasi akun emis kepala madrasah adalah lupa password.

  1. Pastikan proses registrasi dan verifikasi telah berhasil
  2. Buka laman login Emis Baru
  3. Klik tombol “Lupa Password”
  4. Muncul kotak notifikasi, isikan email yang digunakan login
  5. Klik captcha
  6. Klik “selanjutnya”
  7. Kode verifikasi akan terkirim ke email. Pada tab yang buka email Anda. Cari email dari “Emis Notification” dengan subject “Forgot Password”. Kode berupa kombinasi huruf dan angka 6 digit.
  8. Pada tab emis tadi akan muncul halaman verifikasi.
  9. Masukkan kode verifikasi yang dikirim ke email tadi ke dalam kolom Kode Verifikasi
  10. Jika tidak menemukan kiriman email, klik tulisan “Kirim Ulang”
  11. Kode verifikasi yang dikirimkan hanya berlaku selama 5 menit
  12. Jika sudah, ketikkan passwoard pada kolom Password Baru dan Konfirmasi Password
  13. Password harus memenuhi syarat: terdiri minimal 8 karakter yang terdiri kombinasi atas huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol. Password yang memenuhi syarat ditandai dengan tulisan “Password: Strong” di bawah kolom isian.
  14. Klik SIMPAN
  15. Muncul kotak notifikasi “Data sudah benar?”, klik YA
  16. Perubahan passord berhasil ditandai dengan munculnya kotak “Password Berhasil diubah. Login sekarang”
  17. Klik “Login Sekarang” untuk menuju halaman login Emis 4.0

9 cara mengatasi gagal registrasi akun emis kepala madrasah belum keseluruhan kendala yang dihadapi saat melakukan registrasi akun Kepala Madrasah. Pun langkah-langkah solusi yang harus dilakukan tidaklah sesimple dan semudah sebagaimana tertulis dalam artikel ini.

Demikianlah informasiy yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tetang 9 Cara Mengatasi Gagal Registrasi Akun Emis Kepala Madrasah

About Admin

Lembaga pendidikan islam yang terletak di pantai utara Kabupaten Pamekasa tepatnya Desa Tagangser Laok Kecamatan Waru www.maigi.sch.id

Check Also

link alternatif vdi ard terbaru, Support Migrasi Database, Cara Mengatasi Raport ARD Error Tidak Bisa Diakses, cara setting ard agar bisa diakses secara online, ard offline,aplikasi raport digital,user dan password ard,cara login ard guru,aplikasi raport digital madrasah offline,patch raport ard,download aplikasi rapor digital madrasah,download aplikasi raport digital offline,ard 2.0, cara membuat ard online dengan hosting gratis

Cara Mengatasi Raport ARD Error Tidak Bisa Diakses

Raport ARD Error Tidak Bisa Diakses – Memasuki era digital seperti saat ini, Kementrian agama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *